Sabtu, 04 Mei 2019

10 Objek Wisata di Singapura yang Wajib Kalian Kunjungi

Sesudah Malaysia, saat ini kita akan bertandang ke negara tetangga yang jadi satu diantara tujuan wisata favorite di Asia, yakni Singapura.



Singapura (Singapore) ialah satu negara maju yang terdapat diantara Johor Bahru (Malaysia) serta Kepualaun Riau (Indonesia). Negara ini termasuk juga satu diantara negara di dunia dengan luas daerah yang begitu kecil, yakni cuma seputar 719 km persegi. Meskipun begitu, Singapura adalah negara paling kaya di Asia Tenggara dengan tingkat kesejahteraan hidup masyarakat yang tinggi serta tingkat korupsi yang paling dikit. Daerah Singapura dibagi jadi 5 region: Central Region, East Region, North Region, North-East Region, serta West Region. Ibu kota negara negara ini bernama Singapore. Bahasa sah yang dipakai oleh masyarakat ialah Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, serta Tamil. Sesaat mata uang sah ialah Dollar Singapore (SGD). Lapangan terbang internasional di negara ini ialah Changi International Airport (SIN), yang adalah satu diantara lapangan terbang internasional paling baik di dunia.

Lalu apa landmark serta obyek wisata yang harus rekan-rekan datangi waktu traveling di Singapura? Tersebut 10 salah satunya:

1. Merlion Park
Merlion Park Tempat wisata pertama ialah Merlion Park atau Taman Merlion, yang terdapat di One Fullerton, di dekat Central Business District. Taman seluas 2.500 meter persegi ini pertama-tama dibuat pada tahun 1964. Sedang patung Merlion sendiri dibuat dibikin pada tahun 1972. Patung Merlion ialah patung memiliki badan ikan serta berkepala singa, yang adalah simbol negara Singapura. Patung ini mempunyai tinggi 8,6 meter serta berat 70 ton, dan keluarkan air mancur dari sisi mulut patung. Tidak jauh dari patung Merlion itu, ada patung Merlion yang lebih kecil, namanya Merlion Cub, mempunyai tinggi 2 meter serta berat 3 ton. Taman ini dapat didatangi tiap hari, 24 jam, selama tahun.




2. Gardens by the Bay
Gardens by the Bay Gardens by the Bay ialah taman seluas 101 hektar yang dibuat diatas tempat reklamasi di daerah sentra Singapura, tidak jauh dari Marina Bay. Taman ini pertama-tama dibuat pada tahun 2012 dengan arah supaya Singapura jadi negara yang makin hijau serta kaya flora. Gardens by the Bay dibagi jadi 3 sisi penting yakni Bay South Garden, Bay East Garden, serta Bay Central Garden. Yang paling besar ialah Bay South Garden dengan luas 54 hektar. Dibagian taman ini ada 2 pusat konservasi tumbuhan yakni Flower Dome serta Cloud Forest, Children’s Garden, Flower Market, dan Supertree Grove, susunan yang mirip pohon raksasa dengan ukuran antara 25 – 50 meter. Taman ini dibuka tiap hari mulai jam 5 pagi sampai 2 malam. Stasiun MRT paling dekat ialah Bayfront MRT Station.

3. Esplanade – Theatres on the Bay
Esplanade Tidak hanya Gardens by the Bay, ada pula Esplanade – Theatres on the Bay atau yang seringkali dipersingkat dengan The Esplanade. Esplanade ialah gedung teater seluas 6 hektar yang terdapat di pinggir Singapore River, Marina Bay. Gedung yang berupa mirip buah durian ini pertama-tama dibuat pada tahun 1996 serta usai pada tahun 2002. Sebab memiliki bentuk yang serupa dengan durian hingga oleh masyarakat lokal Esplanade seringkali dijuluki jadi “The Big Durian”. Gedung berlantai empat ini mempunyai fungsi-fungsi yakni jadi ruang pertunjukan (performance venue), concert hall, teater, studio teater, serta studio recital. Diluar itu, di gedung ini ada perpustakaan, dan di luar gedung ada Esplanade Park yang terdapat di pinggir Singapore River. Untuk sampai obyek wisata ini, stasiun MRT paling dekat ialah Esplanade MRT Station serta City Hall MRT Station.

Baca juga : jarak malang ke pantai balekambang dan kondisi jalan ke pantaibalekambang

4. Singapore Flyer
Singapore Flyer Singapore Flyer (Bahasa Melayu: Pelayang Singapura) ialah ferris wheel atau bianglala yang terdapat di Raffles Ave, Singapura. Flyer ini mempunyai tinggi 165 meter, dikit tambah tinggi daripada London Eye yang mempunyai tinggi 135 meter. Pertama-tama dibuat pada tahun 2005 serta dibuka untuk publik tahun 2008. Mempunyai 28 kapsul yang diperlengkapi dengan air conditioner yang dapat mengangkat pelancong untuk nikmati panorama Singapura dari ketinggian 165 meter. Tuturnya, dari atas flyer ini kita dapat lihat daerah Batam. 1x perputaran flyer memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Obyek wisata ini dibuka tiap hari mulai jam 8.30 pagi sampai 10.30 malam. Harga ticket masuk per Juni 2015, untuk dewasa (13 tahun ke atas) dipakai cost S$ 33, beberapa anak (3-12 tahun) S$21, serta beberapa anak di bawah 3 tahun tidak dipakai cost.

5. Universal Studios Singapore
Universal Studios Globe Jika obyek wisata ini, pas buat keluarga khususnya beberapa anak. Universal Studios Singapore ialah taman hiburan yang terdapat di Resort World Sentosa di Pulau Sentosa. Taman hiburan yang dibuka pada tahun 2011 ini adalah Universal Studios theme park yang ke-2 di Asia sesudah Jepang, serta hanya satu di Asia Tenggara. Taman hiburan seluas 20 hektar ini mempunyai keseluruhan 24 atraksi serta 7 theme zona. Tiap theme zona diambil dari blockbuster movie atau television show populer seperti Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away, serta Madagascar. Sedang atraksi yang ada contohnya Battlestar Galactica, Revenge of the Mummy: The Ride, Treasure Hunters, Jurassic Park Rapid Adventure serta masih banyak. Harga ticket masuk per Juni 2015 ialah S$74 (13 tahun ke atas) untuk dewasa, S$54 untuk beberapa anak (4-12 tahun), serta free untuk beberapa anak umur 3 tahun ke bawah.

6. Singapore Botanic Gardens
Singapore Botanic Gardens Walau populer jadi kota moderen yang penuh dengan skyscraper, di Singapura sebetulnya terdapat banyak obyek wisata alami. Diantaranya ialah Singapore Botanic Gardens atau yang dikenal juga dengan Kebun Botani Singapura yang terdapat di Cluncy Road. Kebun botani seluas 74 hektar ini dibuat pada tahun 1859 serta sekarang ini mempunyai koleksi 10.000 spesies tumbuhan, termasuk juga 1.200 spesies anggrek. Taman ini dibagi jadi beberapa ruang: National Orchid Garden, Rainforest, Ginger Garden, Botany Center and Tanglin Gate, serta Jacob Ballas Children's Garden. Obyek wisata ini dibuka tiap hari mulai dari jam 5 pagi sampai 12 malam serta tidak diambil cost masuk terkecuali untuk masuk ruang National Orchid Garden. Pada tahun 2014, oleh UNESCO, Singapore Botanic Gardens dimasukkan ke daftar World Heritage Site.



7. Night Safari
Night Safari Jika umumnya kebun binatang didatangi pada siang hari, karena itu yang ini berlainan. Night Safari Singapore ialah kebun binatang nocturnal yang dibuka cuma pada malam hari. Jadi pelancong yang hadir kesini dapat lihat seperti apa kehidupan beberapa jenis hewan pada malam hari yang hidup di rimba tropis. Sebab keunikannya ini, Night Safari jadi satu diantara obyek wisata yang popular di Singapura. Kebun binatang ini terdapat di Mandai Lake Road, di samping Singapore Zoo serta Upper Seletar Reservoir. Kebun binatang seluas 40 hektar ini pertama-tama dibuka pada tahun 1994 serta sekarang ini menyimpan lebih dari 2.500 hewan dari 130 spesies, contohnya badak India, gajah, harimau, serta beberapa sepsies hewan yang terancam punah. Untuk berkeliling-keliling kebun binatang, pengunjung dapat memakai trem (kereta listrik) serta berjalan kaki. Obyek wisata ini dibuka tiap hari mulai jam 7.30 malam sampai jam 12 malam.

8. Jurong Bird Park
Jurong Bird Park Obyek wisata alami setelah itu Jurong Bird Park atau Taman Burung Jurong. Jurong Bird Park ialah taman burung seluas 20,2 hektar yang terdapat di Jurong Hill, daerah barat Singapura. Hampir sama dengan Kuala Lumpur Bird Park, dalam tempat ini ada beberapa jenis burung. Keseluruhan ada seputar 5.000 ekor burung dari 400 spesies, misalnya flamingo, lorikeet, penguin, emu serta masih banyak. Atraksi wisata yang ada diantaranya: Waterfall Aviary, kandang burung lebih dari 600 burung serta air terjun setinggi 30 meter; Lory Loft; Penguin Coast; Flamingo Lake; serta Pelican Cove. Taman burung ini pertama-tama dibuka pada tahun 1971 serta sekarang ini adalah satu diantara obyek wisata favorite di Singapura. Obyek wisata ini dibuka tiap hari mulai jam 8.30 pagi sampai jam 6 sore.

9. Pulau Ubin
Pulau Ubin - photo oleh Sengkang Pulau Ubin atau Ubin Island ialah satu pulau kecil yang terdapat di samping timur-laut pulau penting Singapura, dan di samping barat Pulau Tekong. Pulau ini cuma mempunyai luas seputar 10 km persegi. Dimaksud Pulau Ubin sebab pulau tersusun atas batu-batuan granit yang dapat diproses jadi ubin. Seputar tahun 1960, beberapa ribu masyarakat tempati Juga Ubin dengan mengembangnya penambangan batu granit. Tapi sekarang ini, masyarakat yang menempati pulau ini cuma tingga beberapa ratus orang. Pulau Ubn adalah satu diantara ruang di Singapura yang masih dijaga kelestarian alamnya, berlainan dengan daerah-daerah lain. Tidak hanya jadi tempat wisata, pulau ini jadikan pusat konservasi beberapa macam hewan seperti hornbill, seahorse, serta pipefish. Tempat wisata penting di pulau ini ialah Tanjong Chek Jawa yang teletak di ujung timur pulau ini. Dari dataran penting Singapura, Pulau Ubin dapat dibuka dengan bumboat lewat Changi Poin Ferry Terminal.


10. Masjid Sultan
Masjid Sultan, Kampong Glam - photo oleh Erwin Soo Yang paling akhir, jadi seseorang Muslim, janganlah lupa untuk berkunjung ke satu diantara landmark Islami di Singapura, Masjid Sultan. Masjid Sultan salah satu masjid penting serta paling besar di Singapura yang terdapat di Muscat Street, Kampong Glam. Masjid ini dibuat pada tahun 1824 atas perintah Sultan Hussain Shah dari Johor untuk menyiapkan tempat melaksanakan ibadah buat masyarakat Kampong Glam yang sebagian besar Muslim. Masjid beraksitektur Sarasenik-Mugul-India ini mempunyai 2 kubah emas serta pada sisi atapnya ada ornament bulan sabit serta bintang. Masjid ini mempunyai 8 buah menara bertingkat. Di muka masjid ada jejeran toko yang jual bermacam dagangan seperti pakaian muslim, buku agama, CD Murottal, gantungan kunci, dan lain-lain.

Nah, itu 10 landmark serta obyek wisata yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Singapura. Mudah-mudahan berguna. Sampai jumpa di trip seterusnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar